Tips Cara Memelihara Sugar Glider Yang Benar

Cara merawat sugar glider harus benar – benar diperhatikan agar tidak mudah sakit dan cepat mati. Sugar glider itu sendiri merupakan hewan kecil yang suka sekali dengan makanan manis.

Selain itu, si mungil yang satu ini juga suka berpindah ke tempat lain dengan cara meluncur atau glide. Karena itulah, dinamakan sugar glider yang dalam Bahasa latin disebut Petaurus Breviceps.

Sugar glider merupakan salah satu jenis marsupial yang cukup unik dan sugar glider yang betina memiliki :

  • Sugar glider yang berkelamin betina memiliki kantong perut seperti hewan kanguru
  • Secara umum, sugar glider memiliki bulu berwarna abu-abu, dadanya berwarna cream dan bulu di sepanjang tulang belakangnya berupa garis hitam
  • Sugar glider itu sendiri juga memiliki ekor yang lumayan panjang berfungsi untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika sedang meluncur agar tidak jatuh
  • Sugar glider merupakan hewan yang menyukai makanan manis dan mereka berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya dengan cara meluncur

Jika kalian tertarik untuk merawat sugar glider kalian harus mempelajari terlebih dulu cara perawatan sugar glider agar bisa tumbuh dengan baik dan tidak mudah sakit.

1.Perhatikan Ukuran Kandang dan Gunakan Baki Besar Sebagai Alas Kandang

Perhatikan Ukuran Kandang dan Gunakan Baki Besar Sebagai Alas Kandang

Sugar glider merupakan hewan yang suka bermain slot online dan meluncur sehingga sangat disarankan menyiapkan Kandang yang berukuran besar.

Sugar glider suka merentangkan kakinya dan meluncur dari ujung atau sisi kendang yang sat uke sisi lainnya. Jangan gunakan kandang yang terbuat dari baji galvanis karena bisa berkarat dan menyebabkan sugar glider terserang infeksi kandung kemih.

Gunakan kendang yang terbuat dari jarring atau dengan jeruji horizontal sehingga bisa digunakan untuk memanjat.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan baki besar sebagai alas di dalam kendang untuk tempat menampung kotoran dan sisa makanan sehingga mudah dibersihkan.

Jangan menggunakan alas yang terbuat dari kayu, bantalan anjing, atau beberapa jenis minyak keras karena bisa mengganggu pernapasan mereka.

Pastikan alas tidak mengandung bahan beracun, pasir, atau koran bekas dan diganti satu minggu sekali.

2.Sediakan Kantong, Tangkai, dan Mainan

Sediakan Kantong, Tangkai, dan Mainan

Sugar glider adalah hewan malam atau nocturnal yang terbiasa tidur di pohon saat berada di alam liar. Agar menyerupai habitat asli dan membuatnya nyaman.

Kalian bisa menyediakan kantong dari wol atu rumah burung dari kayu yang aman. Cara merawat sugar glider dengan benar adalah dengan memilih kayu yang aman seperti jenis eucalyptus, manzanita atau kayu pohon apel.

Selai itu, sugar glider juga merupakan hewan yang cerdik atau pintar sehingga perlu diberi stimulasi agar tidak stress atau depresi.

Kondisi stress ini dapat memicu masalah Kesehatan lainnya yang tentu sangat dihindari. Karena itu, kalian bisa menambahkan tangkai atau mainan untuk stimulasi otak dan fisiknya. Beberapa juga menggunakan permainan roda putar sehingga mereka akan tumbuh sehat dan aktif.

3.Berikan Makanan dan Minuman Sehat

Berikan Makanan dan Minuman Sehat

Sugar glider merupakan hewan asli Australia yang sangat menyukai telur burung, kadal, serangga, dan makanan liar lainnya.

Sugar glider membutuhkan nutrisi yang cukup seperti lemak, protein, mineral dan gula yang bisa didapatkan dengan diet sehat.

Memberi camilan juga merupakan cara merawat sugar glider seperti ulat hongkong, pepaya kering, kelapa kering bebas sulfur, yogurt dan kacang.

Sugar glider juga suka makanan yang bisa dijilat seperti bubur apel, atau yogurt dan makanan bayi rasa ayam atau apel.  Mereka tidak suka pakan pelet, makanan anjing ataupun kucing.

Pastikan juga makanan yang Anda berikan tidak mengandung zat pewarna, pengawet dan pemanis buatan yang tidak alami.

Beberapa makanan juga ada yang tidak cocok atau berbahaya bagi mereka seperti permen, cokelat atau jenis gula yang membahayakan Kesehatan.

Komponen makanan utama untuk membantu sugar glider tumbuh sehat dan aktif adalah protein, buah dan sayuran segar, serta suplemen vitamin.

Cara merawat sugar glider yaitu diberi vitamin khusus sugar glider yang bisa ditaburkan pada makanan tetapi jangan dicampur dalam minuman.

Beri mereka camilan dengan menggunakan teknik hands feeding atau memberi makan dengan tangan Anda sendiri untuk membangun ikatan atau bonding.

Nah, itulah beberapa tips merawat sugar glider yang harus kalian tahu. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan