Tips Merawat Pohon Cabai di Rumah, Jangan Sampai Salah!

Berkebun menjadi tren semenjak Covid-19 berlangsung sejak Maret 2020. Hampir semua orang berkebun untuk mengisi kegiatan di rumah.

Bahkan beberapa tanaman menjadi langka karena permintaan yang tinggi. Dengan langkanya tanaman tersebut membuat harganya melonjak naik.

Tanaman yang ditanam oleh masyarakat pun juga beragam, seperti tanaman hias, sayuran, buah-buahan, dan bumbu dapur. Selain sebagai hiasan dalam rumah, berkebun juga bisa menghemat pengeluaran untuk bahan makanan.

Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang seringkali dipilih oleh masyarakat untuk ditanam. Apalagi, saat ini harga cabai cenderung mahal.

Namun, tidak semua orang bisa merawat tanaman cabai. Padahal, tanaman ini termasuk mudah untuk dirawat serta mudah berkembang.

Walau begitu, jangan sampai kalian membiarkan tanaman cabai kalian tumbuh tanpa perawatan. Untuk mengetahui cara yang benar untuk merawat cabai, yuk lihat tips berikut!

1.Beri Nutrisi Cabai Menggunakan Pupuk Dan Jaga Kelembaban Media Tanam

Beri Nutrisi Cabai Menggunakan Pupuk Dan Jaga Kelembaban Media Tanam

Pupuk menjadi pemberi nutrisi paling bagus untuk cabai, apalagi jika yang digunakan adalah pupuk kompos, organik atau kandang. Pupuk perlu diberikan pada dua minggu awal sejak cabai ditanam.

Setelah itu, pemberian rutin dapat dilakukan sebulan sekali. Pupuk dapat diletakkan di atas permukaan tanah pada cabai yang ditanam di dalam pot, namun jika cabai ditanam di tanah langsung, pupuk dapat diletakkan ke dalam tanah yang dekat dengan akar pohon

Sama halnya merawat tanaman pada umumnya, pupuk juga memerlukan air untuk menyuburkan tanah. Namun, kebutuhan air pada tanaman cabai harus disesuaikan dengan cuaca.

Jika cuaca dirasa panas, tanaman cabai perlu disiram dua kali sehari, jika curah hujan tinggi penyiraman dapat dilakukan secara kondisional, karena apabila terlalu banyak disiram bunga atau buah cabai akan mudah rontok.

2.Bersihkan Dari Gulma Dan Hama Dan Monitor Pertumbuhan Cabai

Bersihkan Dari Gulma Dan Hama Dan Monitor Pertumbuhan Cabai

Apabila terlihat ada tanaman liar di sekitar cabai, bersihkan rumput liar tersebut supaya cabai bisa tumbuh lebih baik.

Selain itu perlu juga dilakukan pemangkasan tanaman untuk membasmi gulma dengan menggunting pucuk tanaman secara perlahan yang bisa dilakukan sebulan sekali. Jika tidak dibersihkan, gulma  dapat mengurangi pasokan nutrisi pada tanaman cabai.

Kesehatan tanaman cabai perlu selalu diperhatikan, salah satunya dengan menghindarkannya dari hama yang dapat membuat cabai busuk bahkan mati.

Salah satu pencegahan dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida saat sore menjelang malam. Namun apabila cabai sudah mulai membusuk, coba berikan obat serta tambahan pupuk untuk membuat cabai kembali segar.

3.Siram Secara Berkala dan Lakukan Penyiangan

Siram Secara Berkala dan Lakukan Penyiangan

Tanaman cabai bisa dilakukan penyiraman dengan air yang cukup dalam waktu satu kali sehari. Namun, jika musim panas menyerang cukup siram tanaman sebanyak dua kali dalam sehari. Jikalau musim hujan menyerang, tidak perlu setiap hari melakukan penyiraman.

Kalian perlu memperhatikan cara penyiramannya. Jangan sampai ada genangan air pada media tanah. Hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak air. Selain itu, jika tanaman cabai ingin berbuah lebat, siram dengan air bekas cucian beras.

Penyaringan adalah salah satu cara agar tanaman cabai bisa berkembang lebih baik. Selain itu, juga bisa membersihkan tanaman dari hama. Untuk melakukan penyiangan, kalian memerlukan alat berkebun, seperti sekop, gunting, dan sarung tangan.

Bersihkan lahan dari daun kering ataupun kotoran lainnya. Tanaman liar, sampah, suka bertebaran disekitar tanaman. Lakukan pembersihan dengan memotong daun yang sudah layu dan menguning. Lakukan penyiangan ini sebanyak dua sampai tiga hari sekali.

Lakukan juga pemangkasan. Pemangkasan tanaman dilakukan agar terhindar dari hama serta menjadi lebih bersih. Untuk melakukan pemangkasan, kalian membutuhkan gunting tanaman. Gunting pucuk tanaman secara perlahan. Hal ini dilakukan agar struktur tanaman menjadi lebih terjaga.

Lakukan pemangkasan tanaman ini selama satu bulan sekali. Sebaiknya berhati-hati dalam memotong tanaman agar tidak memotong daun muda ataupun buahnya.

Nah, itulah beberapa tips merawat tanaman cabai yang harus kalian ketahui sebelum kalian memutuskan untuk menanam cabai. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin menanam cabai.

Artikel yang Direkomendasikan