Ini Dia Cara Merawat Tumbuhan Menjalar Agar Tetap Subur

Salah satu alternative yang sering digunakan atau dipilih oleh beberapa orang untuk menghias area pekarangan rumah mereka adalah dengan menggunakan tumbuhan.

Tumbuhan menjalan meruapakan pilihan yang akan sangat cocok untuk membuat area rumah menjadi lebih hijau dengan volume yang lebih besar dan juga lahan yang kecil.

Karena sifat merambatnnya tumbuhan yang satu ini tumbuh secara vertical pada media tanam yang akan membuat uang lebih hemat.

Di dunia terdapat banyak sekali pilihan varian dari tumbuhan yang satu ini membuat kita sedikit kebingungan, walaupun perawatannya tergolong mudah namun bukan bearti tidak ada hambatan lho.

Nah, supaya kamu tidak kebingungan dalam merawat tumbuhan menjalar, simak tips dibawah ini yuk agar pertumbuhan tanaman kamu menjadi subur.

1.Kenali Karakter dan Jenis

Kenali Karakter dan Jenis

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memahami sifat dan juga mengenali jenis tumbuhan yang akan kamu rawat.

Kamu harus memikirkan apakah tanaman yang akan kamu rawat bisa menerima sinar matahari secara langsung atau tidak dan apa media rambat yang dibutuhkan.

Selain itu bentu daun dan juga perambatan kamu juga harus tahu, hal tersebut untuk menentukan jarak tanam antar satu dengan lainnya.

Tanaman dengan daun yang lebar ada baiknya ditanam dengan jarak yang cukup jauh untuk setiap bibitnya sehingga pertumbuhan akan lebih leluasa.

Tentu kurangnya pemahaman akan membuat pertumbuhan tanaman kamu bisa saja gagal dan tidak subur lho.

2.Perawatan

Perawatan

Hal kedua yang bisa kamu perhatikan adalah perawatan selanjutnya setelah ditanam dan bertumbuh. Misalnya seperti pemotongan.

Tanaman merambat merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan pemotongan yang rutin, untuk jangka waktu pemotongannya dapat disesuaikan dengan tingkat kecepatan dari pertumbuhan tanaman tersebut.

Kamu bisa melakukan pemangkasan apabila dirasa tanamannya sudah lebat dan juga keluar dari media rambatnya.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan memangkas dahan utama dari tanaman rambat kamu ya, potonglah pada bagian ranting-ranting kecil yang biasanya terdapat di bagian samping.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu tunas-tunas baru tetap tumbuh pada dahan utama setelah dilakukan pemangkasan.

3.Karakteristik

Karakteristik

Kamu juga harus mengenali sifatnya karena merambat, tanaman yang satu ini vaisannya memilki dahan yang lebut dan tidak keras dan juga berkayu.

Hal tersebut tentunya membuat jenis tanaman yang satu ini sangat rentan terhadap penyakit biasanya yang menyerang tanaman ini.

Apabila media yang kamu gunakan untuk tanam kurang baik, kamu bisa memindahkan tanaman tersebut ke pot bisa menjadi solusi yang cukup baik.

Selain itu, kamu bisa mencoba tanaman media menjadi cocopeat, material media tanam yang kini tengah naik daun dikalangan pencinta tanaman hias.

4.Pemanfaatan Media dan Perawatan

Pemanfaatan Media dan Perawatan

Nah Selain media tanam, terdapat juga media rambat yang harus kamu perhatikan, pastikan kamu menyediakan tempat yang bisa menunjang perumbuhannya.

Misalnya jika kamu memilih tanaman hias dollar, kamu harus memastikan dinding yang kamu miliki punya permukaan yang kasar supaya tanaman dapat merambat dengan baik.

Untuk tanaman muda yang merambat di kanopi kamu harus mengakali dengan mengikat atau menahan tanaman supaya mampu mereambat dengan baik dan tunggu hingga dewasa.

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah perawatan yang paling diperhatikan, karena jika kamu tidak memerhatiakn perawatannya dengan baik maka hasilnya tidak akan maksimal.

Kamu bisa melakukan penyiraman, pemupukan, dan juga pembasmian hama, untuk penyiraman sendiri bisa dilakukan 2x sehari.

Sebenarnya untuk merawat tanaman merambat merupakan hal yang susah-susah gampang, namun dengan efek yang diberikan tentu hal tersebut terasa tidak seberapa bukan.

Yuk lengkapi rumah kamu dengan tanaman hias agar terlihat lebih hijau dan juga menghasilkan udara yang segar untuk keluarga rumah kamu.

Nah, kira – kira itulah beberapa tips – tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat tanaman merambat diumah kamu ya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari berbagai informasi seputar tanaman hias.

Artikel yang Direkomendasikan