Tips Memelihara Ikan Cupang Agar Tetap Sehat

Ikan cupang memang banyak sekali dipelihara dan dibudidayakan. Tapi, gak banyak yang tahu loh kalau ternyata ikan cupang itu berasal dari Indonesia.

Mereka ditemukan pertama kali pada perairan Malaysia, Thailand, atau Asia Tenggara. Kalau di Indonesia, mereka awalnya ada di perairan Jawa, Kalimantan, Irian, serta Sumatera.

Nah, untuk kalian yang juga mau memelihara ikan cupang, ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan agar mereka tetap sehat.

1.Air dan Suhu

Air dan Suhu

Perhatikan air yang ada di dalam tempat ikan hidup karena ini sangat penting. Maksud airnya adalah jenis serta volume airnya. Jenis air yang bisa dipakai untuk memenuhi akuarium ada 2 yaitu air sumur atau air tawar.

Lalu untuk volume air yang ideal untuk merawat ikan Cupang adalah 40% – 60% dari akuarium untuk menghindari ikan melompat keluar. Mereka bisa melompat sampai dengan 7,5 cm loh.

Sedangkan suhu yang baik untuk mereka adalah sekitar 24 – 270 derajat celcius. Suhu tersebut akan membuat mereka merasa seperti hidup di habitat asli mereka.

2.Habitat

Habitat

Kalau mau memelihara ikan Cupang, ada baiknya kalian mencari tahu terlebih dulu habitatnya karena habitat sendiri adalah tempat hidup untuk ikan Cupang. Habitat yang baik akan membuat ikan jadi mudah beraktivitas serta berkembang biak dengan baik.

Selain itu, perhatikan juga kerakteristik air, misalnya keasaman air, kesadahan air, serta suhu perairan. Ikan cupang ini memang sangat suka ketenangan dan tempat yang sejuk.

3.Rumah

Rumah

Dengan rumah yang tepat, ikan dijamin akan nyaman di kolamnya. Mereka punya sifat yang cukup agresif apalagi dengan sesama jenis, jadi sebaiknya jangan menyatukan ikan lain atau Cupang lain dalam satu wadah atau satu tempat yang sama.

Habitat asli dari ikan cupang adalah rawa – rawa, perairan dangkal, dan sawah. Itulah kenapa mereka sangat suka hidup di air yang dangkal namun luas.

Kalau memilih akuarium sebagai tempat merawat mereka, sebaiknya pilih akuarium dengan ukuran 19 liter atau lebih karena bisa membuat masa hidup mereka lebih panjang.

4.Jemur

Jemur

Menjemur ikan dengan rutin sepanjang 15 – 30 menit bisa membunuh bakteri yang ada di dalam akuarium mereka. Selain itu, menjemur ikan Cupang juga bisa membuat mereka jadi terlihat lebih sehat. Tapi, kalau cupang sudah terlihat gelisah, segera pindahkan mereka ke suhu yang lebih sejuk.

5.Makan

Makan

Biasanya, cupang punya 2 jam makan, yaitu siang hari dan malam hari. Mereka ini adalah ikan yang mencari makan di siang hari atau diurnal dan merupakan hewan karnivor.

Kalian bisa memberikan mereka makanan ikan seperti pelet dengan kualitas yang bagus agar sirip mereka juga tumbuh dengan bagus.

Itulah beberapa tips memelihara ikan cupang yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan