Tips Memelihara Ular Ball Phyton, Jangan Sembarangan!

Ular merupakan hewan yang cukup unik sekaligus menarik untuk dipelihara. Apalagi, banyak spesies ular yang usianya Panjang bahkan sampai puluhan tahun lamanya.

Karena itulah, ada banyak orang yang cukup tertarik memelihara reptile yang satu ini. namun memeliharanya gak gampang loh.

Kalian harus perhatikan dan lakukan beberapa hal sebelum memelihara ular. Nah, kalau penasaran, kami akan berikan beberapa tips memelihara ular yang bisa kalian lakukan.

1.Kesehatan

Kesehatan

Saat memelihara hewan, kalian sudah pasti harus paham bagaimana perilaku mereka. kalian harus tahu kapan ular dalam kondisi kurang sheta karena mereka kan gak bisa bicara.

Ada trauma atau cedera fisik yang mungkin bisa membuat ular gak mau makan dan malah jadi sakit. Atau mereka stress jadi mudah kena penyakit. Itulah kenapa sangat penting untuk memperhatikan Kesehatan mereka.

2.Jenis

Jenis

Saat ini ada kurang lebih 2500 spesies ular dan banyak yang harus dijadikan pertimbangan untuk kalian pilih. Mulai dari ukurannya saat dewasa, beracun atau tidak, sampai dengan budget yang kalian punya.

Pastikan pula kalua kalian beli ular yang sudah dibesarkan di penangkaran dan bebas penyakit. Perhatikan juga apakah ular itu punya masalah lain seperti kulit yang tertinggi atau mulut yang bau busuk. Pilihlah juga tipe ular yang gak beracun.

3.Makanan

Makanan

Semua ular sudah pasti karnivora. Nah, mereka biasanya makan tikus atau serangga besar. Tapi, kalau taka da pun kalian bisa memilih memberikan mereka daging beku seperti daging tikus beku.

Namun, kalau membeli daging beku, pastikan kalian potong daging sesuai lingkaran bagian tengah ular karena mereka selalu menelan bulat – bulat makanan yang ditelan. Jangan lupa berikan juga mereka air bersih ya.

4.Kandang Vs Habitat

Kandang Vs Habitat

Ular adalah hewan yang aktif bergerak. Demi Kesehatan mentalnya, sebaiknya kalian membuat kandangnya se mirip mungkin dengan habitatnya yang asli.

Maksudnya adalah, berikan mereka ranting pohon, bebatuan, dan tanaman merambat yang bisa dipanjat dan bersembunyi.

5.Habitat

Habitat

Buat dan siapkanlah kendang yang akan kalian pakai sebagai habitat dari ular. Kalian bisa tentukan jumlah makanannya, ukuran kandangnya, sempai dengan cahaya di dalam kendang.

Ukuran kendang bisa kalian sesuaikan dengan jenis ular. Kalua jenisnya yang hidup di pohon, pilihlah kendang yang bentuknya vertical dan tinggi. Kalau di tanah, maka pilihlah yang ukurannya luas.

Sedangkan untuk pencahayaan kalian bisa gunakan lampu pemanas atau lampu UV karena mereka butuh sumber panas untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Itulah berbagai tips cara merawat ular ball Phyton yang harus kalian perhatikan. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama untuk kalian yang mau memelihara ular.

Artikel yang Direkomendasikan